Selasa, 13 November 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :     SD Negeri No. 55/I Sridadi
Mata Pelajaran          :     Ilmu Pengetahuan Alam  
Kelas/Semester         :     III/I
Alokasi Waktu           :     2 x 35 Menit  


A.   Standar Kompetensi    :     1.   Memahami ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal – hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.

B.   Kompetensi Dasar        :  1.2    Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.

C.   Indikator Pencapaian  
1.      Kongnitif
v  Produk
v  Menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan bentuk tulang daun.
v  Proses
v  Mengidentifikasi penggolongan tumbuhan berdasarkan bentuk tulang daun.
2.      Afektif
v  Kecepatan siswa dalam mengerjakan lembar kerja siswa yang diberikan oleh guru.

3.      Psikomotor
v  Mempersentasikan lembar kerja siswa yang diberikan oleh guru.

D. Tujuan Pembelajaran  
1.      Kognitif
v  Produk
v  Siswa dapat menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan bentuk tulang daun.
v  Proses
v  Siswa dapat mengidentifikasi penggolongan tumbuhan berdasarkan bentuk tulang daun.

2.      Afektif
v  Siswa dapat mengerjakan lembar kerja siswa dengan cepat.

3.      Psikomotor
v  Siswa dapat mempersentasikan lembar kerja siswa yang diberikan oleh guru.



E.   Materi Pembalajaran
      Penggolongan hewan berdasarkan bentuk tulang daun

Berdasarkan bentuk tulang daun, tumbuhan dapat digolongkan empat kelompok :
1.      Tumbuhan berdaun menyirip ( seperti sirip ikan )
Contohnya : Daun mangga, rambutan, dan jambu
2.       Tumbuhan berdaun menjari ( seperti jari tangan )
Contohnya : Daun pepaya, ketela pohon
3.      Tumbuhan berdaun lengkung ( seperti garis lengkung )
Contohnya : Daun sirih, kayu manis
4.      Tumbuhan berdaun sejajar ( seperti dua garis sejajar )
Contohnya : Daun tebu, padi, jagung, dan alang – alang

F.   Strategi Pembelajaran            :     Group Learning
-          Pendekatan Pembelajaran   :     Teacher Centered
-          Metode Pembelajaran          :     Ceramah, Demontrasi, Pengamatan, Diskusi

G.   Kegiatan Pembelajaran
1.                 Kegiatan Awal
Ø  Guru dan siswa saling memberikan salam dan guru mengabsen siswa sebelum memulai pelajaran.
Orientasi
-          Guru mengilustrasikan tentang materi yang akan dipelajari
Apersepsi
-          Guru meninjau pengetahuan siswa tentang materi yang akan dipelajari sebelumnya yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari
Motifasi
-          Guru memberi penjelasan kepada siswa tentang manfaat mempelajari penggolongan tumbuhan berdasarkan bentuk tulang daun.
Pemberian Acuan
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

2.                 Kegiatan Inti
v  Eksplorasi
1.      Guru memperlihatkan berbagai macam daun
2.      Guru menyebutkan 4 macam bentuk tulang daun.
3.      Siswa diminta mengamati
4.      Salah satu siswa diminta untuk menyebutkan nama tumbuhan dan bentuk tulang daun.

v  Elaborasi
1.      Guru membagi kelas menjadi 5 kelompok
2.      Guru membagikan LKS kepada masing – masing kelompok
3.      Siswa diminta mengeerjakan LKS berdasarkan hasil pengamatan
4.      Masing – masing kelompok melaporkan hasil diskusi di depan kelas.
5.      Guru bertanya jawab dengan siswa berdasarkan materi yang telah dipelajari.

v  Konfirmasi
1.      Guru meminta siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.      Dibawah bimbingan guru memberi perbaikan dari materi yang dianggap salah yang disampaikan oleh siswa.

3.                 Evaluasi
1.      Guru memberikan pertanyaan dari materi yang telah dipelajari kepada masing – masing siswa.

4.                 Kegiatan Akhir
-          Penghargaan
Guru memberikan Reward kepada kelompok mengemukakan hasil diskusinya dengan baik.
-          Tindak Lanjut
Sebagai pemantapan guru memberikan tugas PR sesuai dengan materi yang di ajarkan.




  Asesmen : Tugas Problem Solving Kelompok

LKS

No.
Nama Tumbuhan
Bentuk Tulang Daun
Menyirip
Menjari
Lengkung
Sejajar
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10


















































I.       Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Penilaian
Jenis/Teknik
-      Mengidentifikasi penggolongan tumbuhan berdasarkan bentuk tulang daun berdasarkan pengamatan
1.      Menyebutkan nama tumbuhan berdasarkan bentuk tulang daun
Tes tertulis

Kriteria Penilaian :     Sekor Perolehan x 100
                                               Sekor Maksimum

Instrumen Penilaian :
1.      Sebutkan 4 macam bentuk tulang daun .................
2.      Daun singkong, pepaya, randu memiliki tulang daun .............
3.      Sebutkan 4 contoh tumbuhan bertulang daun menyirip............
4.      Daun Kayu manis, sirih memiliki tulang daun.............
5.      Sebutkan 2 contoh tumbuhan bertulang daun sejajar................

Kunci Jawaban :
1.      Menjari, menyirip, lengkung, sejajar
2.      Menjari
3.      Daun mangga, daun jambu, daun rambutan, daun cokelat
4.      Lengkung
5.      Daun Jagung, daun alang – alang

J.    Sumber
-          Buku IPA Kls III Semester I
-          Daun – daun berbagai macam tumbuhan



                                                                                                
 
 
Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal)×
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.








3 komentar:

  1. 2xbet korean online sports betting - Legit Bet
    Online betting is one of the most popular 1xbet sports worrione in the world. You can bet on a number of septcasino sports like basketball, cricket, tennis, horse racing,

    BalasHapus
  2. Online casino site with best bonuses - Lucky Club
    Lucky Club has an excellent collection of luckyclub free slots and casino games that are available online. The casino has been around since 2008 and has always maintained a

    BalasHapus
  3. The Evolution of Slot Machines - DRMCD
    This is the history of the Evolution gaming machine. The Evolution Gaming machine is 목포 출장샵 powered by 광양 출장샵 software developer, 구리 출장안마 Evolution Gaming. 출장샵 The design of 용인 출장마사지 the  Rating: 4 · ‎5 reviews

    BalasHapus